18 Mar 2024

BEST ARTICLE PESERTA TECHNO CAMP 2024

Pada kegiatan Techno Camp atau kunjungan kampus pada 29 Februari 2024 lalu, diadakan lomba menulis artikel yang memuat kegiatan selama kunjungan tersebut.

Dan selamat kepada Alicia Andiyani A. R. telah menjadi pemenang dalam lomba artikel pasca Techno Camp dengan judul “Kehangatan Budaya Daerah Istimewa”.


Berikut adalah isi artikelnya:


KEHANGATAN BUDAYA DAERAH ISTIMEWA

Karya: Alicia Andiayani A. R. (XI-8)


⠀⠀Kota Istimewa, sebutan familiar untuk Yogyakarta. Sebuah kota yang dijuluki Daerah Istimewa oleh Pemerintah Indonesia. Kota yang dihiasi oleh beragamnya cagar budaya yang sudah sangat terkenal hingga Mancanegara. Menjadikan kota istimewa ini sebagai sebuah destinasi wisata merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan oleh warga lokal. Tidak heran banyak sekali rombongan wisatawan lokal yang menargetkan wisata ke Yogyakarta, bukan hanya karena banyak destinasi namun juga karena eksplorasi yang dilakukan juga mudah dan beragam, apalagi untuk siswa pelajar. 


⠀⠀Sama seperti kegiatan yang tengah dilakukan oleh salah satu Ekstrakurikuler PCC Personal Computer and Cinematography dari Sekolah Menangah Atas Negeri 2 Kota Madiun. Dengan nama acara Techno Camp yang bertujuan untuk mengunjungi Institut Seni Indonesia (ISI) yang ada di Yogyakarta beserta beberapa destinasi wisata lainnya. Peserta yang berasal dari internal maupun eksternal ekstrakurikuler terlihat sangat antusias dalam menyambut perjalanan ini. Bertepatan pada dini hari Kamis, 29 Februari 2024 perjalanan dimulai. 


Dokumentasi saat perjalanan Techno Camp 2024

 

⠀⠀Tepat pada pukul 08.00 dua bus itu tiba di tujuan pertama Techno Camp. History of Java Museum, dimana para peserta diajak untuk mengenal, menikmati, sekaligus mendalami mengenai sejarah pulau Jawa. Perjalanan sejarah ini dimulai saat peserta disuguhkan dengan tayangan akan sejarah manusia purba yang menempati daratan pulau jawa. Hingga menuju ke peninggalan-peninggalan kerajaan serta adat budaya dari daerah Jawa. Setelahnya, mampir sejenak untuk makan siang dan beristirahat sebelum melanjutkan tour menuju ke ISI. Sekaligus membeli beberapa buah tangan di Kampoeng Semarang.


Dokumentasi saat di History of Java Museum Techno Camp 2024


⠀⠀Destinasi selanjutnya menuju ke ISI Yogyakarta. Disana para peserta diajak menuju ke Fakultas Seni Media Rekam. Tentunya untuk mengenal lebih dalam akan fakultas serta jurusan yang tengah dituju. Bertemu dengan perwakilan dari Rektor serta mendengarkan penjelasan mengenai kehidupan kampus, syaratpendaftaran, hingga lulusan serta pengalaman para mahasiswa dan alumni. Selain itu disana peserta juga diajak untuk menonton short movie komedi karya dari mahasiswa ISI Fakultas Seni Media Rekam.


Dokumentasi saat di Institut Seni Indonesia Yogyakarta Techno Camp 2024


⠀⠀Selanjutnya menuju destinasi terakhir. Destinasi yang tentunya sangatf amiliar oleh masyarakat lokal maupun mancanegara, dimana pusat buah tangan, batik khas Daerah Istimewa Yogyakarta, serta macam cendera mata, Malioboro. Disana peserta diberi waktu bebas untuk menikmati keindahan Yogyakarta sambal berburu beberapa buah tangan. Hawa sejuk sehabis hujan dengan pemandangan orang-orang berlalu-lalang sangat menyejukkan mata. Inilah mengapa, banyak yang bilang Yogyakarta itu istimewa.


Dokumentasi saat di Malioboro Techno Camp 2024


EmoticonEmoticon