3 Jan 2020

Creative Day PCC Smada 2019




PCC Smada mengadakan rangkaian diklat atau yang biasa disebut Creative Day untuk calon gen 15. Creative Day 2019 ini merupakan acara diklat ketiga yang dilaksanakan di bukit sekipan, 21 - 23 Desember 2019. Tujuan dari diadakan kegiatan Creative Dday ini adalah untuk mendidik dan melatih pcc generasi baru agar dapat membuat karya mereka sendiri sesuai kreativitas dan inovasi di bidang mereka masing-masing di luar sekolah.

Acara Creative Day ketiga ini dihadiri oleh calon gen 15, yang terdiri dari 11 kelompok pembuatan karya dengan didampingi mentor-mentor pcc gen 14. Tujuan pembuatan karya sendiri adalah untuk mengaplikasikan atau mengeluarkan kreativitas mereka. Ide-ide tersebut harus bisa disampaikan supaya ada manfaatnya. Karena seperti bapak toto,"pcc dipersiapkan untuk masuk dalam industri kreatif".


Pembukaan acara ini dihadiri oleh Bapak Toto Hutomo, selaku Pembina PCC. Bapak Toto menyampaikan sedikit tentang sejarahnya pcc yang ia pegang sampai sekarang ini, dari ekskul yang peminatnya sedikit sampai menjadi program unggulan SMA 2 Madiun. Gen 15 juga harus mempunyai chemistry yang kuat untuk menghandle pcc pada tahun berikutnya. PCC mengedepankan kerja tim untuk keberhasilan bersama. karena itu, chemistry sangat diperlukan untuk mempersolid tim dengan tujuan bersama. Beliau pun menyampaikan bahwa pcc gen 15 harus bisa berkembang, jangan puas dengan program yang "itu-itu" saja. Pcc gen 15 harus berani berinovasi dan mencari pengalaman lebih untuk pengembangan diri mereka.
"Jangan takut untuk berubah. jangan takut pada sesuatu yang kalian awalnya tidak bisa." Kata Beliau.



Pada acara juga diujikan soal problem solving untuk mengetes pemahaman pcc gen 15 tentang materi yang diberikan pada saat Techno Learning. Soal yang diberikan merupakan soal penalaran yang merujuk pada permasalahan sehari-hari seorang cineas, designer grafis, dan fotografer. Peserta dibuat untuk mencari solusi atau jalan keluar dari permasalahan tersebut.


Pada malam harinya, sesi sharing antar gen dilaksanakan. Dihadiri juga oleh pcc gen 13 dan 12. Pada sesi ini antar gen pcc menyampaikan pengalaman mereka selama di pcc. Kak Aris dari gen 13 menyampaikan pentingnya tukar pendapat dalam sebuah tim, intinya adalah menghasilkan suatu putusan yang terbaik yang akan digunakan untuk tujuan bersama.
"Jadi memang harus begitu. Bentrok sama anggota timmu yang lain itu biasa. kalo pada diam-diam aja, berarti timmu ga care dong." katanya.

Kak ikhsan menyampaikan bahwa jangan cepat berpuas diri dengan pencapaian yang diterima pcc saat ini. Cinematography di indonesia terus berkembang sangat pesat. Beberapa sekolah di indonesia ada yang dikhususnya ke perfilman dan didanai oleh sekolahnya. Oleh karena itu, Ia menghimbau untuk pcc gen 15 agar terus mengasah pemahaman dan pengalamannya agar dapat berkembang.
"Kalau kalian ingin maju, kalian harus lebih banyak lagi mengorbankan waktu dan mencari pengalaman. kalau nggak puas, kan berarti kalian harus terus mencoba agar tercapai kepuasan." Kata kak ikhsan.

Ditekankan juga perlunya beradaptasi dengan anggota tim lain, jika sebelumnya belum pernah bekerja se-tim. Sebagai pemimpin dalam sebuah tim tersebut bagaimana seorang pemimpin akan bertindak untuk menutupi kekurangan dalam timnya. Disampaikan juga bahwa jangan menjadikan kekurangan gear atau peralatan sebagai kendala untuk berkarya. Yang terpenting adalah memahami dan menguasai baik gear yang dipakai saat ini. Kemudian adalah jangan takut untuk bereksperimen dan menanggung resiko. Ini semua adalah rangkaian dari pengembangan skill diri.

Pada akhir acara dilaksanakan serah terima jabatan pcc gen 13 kepada pcc gen 14, dan penyematan tanda anggota gen 15. Hasil dari mengikuti rangkaian diklat ini, calon pcc 15 telah resmi menjadi anggota pcc gen 15.

Pesan saya pada gen 15 saat ini, jangan biarkan diri kalian lengah dan teruslah berkembang karena tantangan kedepannya pasti akan terasa semakin berat. Semoga pcc gen 15 tambah solid lagi dan dapat menyumbangkan yang terbaik untuk PCC dan SMA 2 Madiun.






Masih menunggu karya pcc gen 15 yang akan dipresentasikan pada acara berikutnya.
Salam pcc.




EmoticonEmoticon